Belajar Gratis Sistem Informasi & Informatika (2)

Posted on 05/06/201719/12/2017Posted in small business administration

A complex IT system is run by most firms trying to deal with an infinite amount of information everyday as we speak. Fungsi-fungsi umum dari teknologi inteligensi bisnis adalah pelaporan, pemrosesan analisis daring, analitis, penggalian data, penggalian proses, pemrosesan kejadian kompleks, manajemen performansi bisnis, pengukuran, penggalian teks, analitis prediktif dan analitis preskriptif. Sedangkan Data Integrity dipenuhi oleh Data Warehouse di mana BI ini dijalankan.Salah satu yang menjadi kelebihan dari Business Intelligence adalah dimanjakannya users dengan struktur information yang memudahkan pembuatan report secara self-service dalam bentuk dimensi dan measures. Metodologi yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah studi kepustakaan.

Data mining adalah proses mencari pola atau informasi menarik dalam data terpilih dengan menggunakan teknik atau metode tertentu. Pada degree ini adalah komponen pra proses terdiri dari 3 tahapan yaitu : ekstraksi, transformasi, dan memasukkan (ETL). Sementara itu tujuan utama BI adalah menyuguhkan beragam informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengguna yang jelas berbeda.

Empower individuals to make informed selections with easy-to-use business intelligence (BI) and analytics instruments that seamlessly mix existing enterprise data, exterior data, and unstructured massive data. Sebagai solusi yang sangat bergantung pada data berkualitas tinggi, solusi BI akan menghasilkan informasi yang akurat jika sumber datanya baik dan akan menghasilkan informasi yang salah jika sebaliknya. Faktor pembatas dari kebanyakan sistem adalah kesulitan untuk melihat information historis.

Pada tahun 1989 dalam sebuah artikel terbitan Gartner, Howard Dresner menggunakan istilah Business Intelligence (BI) Dia menggambarkan istilah tersebut sebagai seperangkat konsep dan metode yang berguna untuk meningkatkan kemampuan pembuatan keputusan dengan bantuan sistem yang berbasiskan fakta atau realita yang terjadi. Cara kedua mengubah database OLAP adalah untuk menentukan unsur data yang terdapat di database tertentu.

Data mart harus dirancang dari perspektif bahwa mereka adalah komponen dari knowledge warehouse terlepas dari fungsi masing-masing atau konstruksi. Sebuah perusahaan dapat menggunakan enterprise intelligence untuk membantu perusahaan tersebut untuk memperoleh banyak informasi yang lebih akurat dari sebelumnya. Pada tahun 2012, sepertiga dari aplikasi analitik diterapkan pada proses bisnis akan disampaikan melalui aplikasi mashup kasar.