Belajar Gratis Sistem Informasi & Informatika

Posted on 26/05/201719/12/2017Posted in small business administration

Popular tradition is fueling a dystopian view of what machine learning can do. But while analysis and know-how continue to enhance, machine studying is quickly becoming a useful complement for the analyst. Sistem Kecerdasan Bisnis (Business Intelligence) merupakan Sistem Informasi Manajemen, yang menerapkan sekumpulan mannequin dan metodologi analisis matematika dengan mendayagunakan information yang tersedia, untuk menghasilkan informasi dan pengetahuan yang dapat digunakan pada proses pengambilan keputusan yang rumit. Agar sistem teknologi enterprise intelligence dapat berjalan dengan efektif, perusahaan harus memiliki sistem laptop yang aman. Sales Force Automation adalah sistem informasi yang digunakan oleh bagian Sales atau Sales Management untuk membantu melakukan otomatisasi fungsi-fungsi sales force administration.

Menurut Loshin (2012, p6) Business Intelligence merupakan proses, teknologi, dan alat-alat yang dibutuhkan untuk mengubah knowledge menjadi informasi, informasi menjadi pengetahuan, pengetahuan menjadi rencana yang mendatangkan keuntungan. Bisnis intelijen laporan datang dalam berbagai bentuk, tergantung pada perangkat lunak pelaporan yang Anda gunakan. Jadi dengan kata lain, data yang disimpan adalah berorientasi kepada subjek bukan terhadap proses.

Data mining adalah proses mencari pola atau informasi menarik dalam data terpilih dengan menggunakan teknik atau metode tertentu. Pada stage ini adalah komponen pra proses terdiri dari three tahapan yaitu : ekstraksi, transformasi, dan memasukkan (ETL). Sementara itu tujuan utama BI adalah menyuguhkan beragam informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengguna yang jelas berbeda.

Secara umum Business Intelligence (BI) merupakan sebuah proses untuk melakukan ekstraksi data-knowledge operasional perusahaan dan mengumpulkannya dalam sebuah knowledge warehouse yang selanjutnya diproses menggunakan berbagai analisis statistik dalam proses data mining, sehingga didapat berbagai kecenderungan atau pattern dari knowledge (Choirul, 2006).

Fungsi-fungsi umum dari teknologi inteligensi bisnis adalah pelaporan, pemrosesan analisis daring, analitis, penggalian data, penggalian proses, pemrosesan kejadian kompleks, manajemen performansi bisnis, pengukuran, penggalian teks, analitis prediktif dan analitis preskriptif. Sedangkan Data Integrity dipenuhi oleh Data Warehouse di mana BI ini dijalankan.Salah satu yang menjadi kelebihan dari Business Intelligence adalah dimanjakannya users dengan struktur knowledge yang memudahkan pembuatan report secara self-service dalam bentuk dimensi dan measures. Metodologi yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah studi kepustakaan.