Business Analytics Vs. Business Intelligence

Posted on 20/07/201819/12/2017Posted in business intelligence

Businesses right now must be able to glean perception and understand the worth from each buy, Tweet, and customer care interplay. Sistem business intelligence dapat membantu perusahaan untuk memiliki pengetahuan yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yangt mempengaruhi bisnis mereka, misalnya penjualan, produksi, operasi inner dan juga dalam pemgambilan keputusan. Data Mining adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan information berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara handbook.

Secara singkat, Business Intelligence atau lebih sering disingkat BI (baca: bi – ai) adalah seperangkat solusi sistem informasi yang dapat menuntun kepada percepatan pengambilan keputusan dalam tingkat akurasi yang tinggi (legitimate). Awalnya dari data warehouse yang kemudian di proses knowledge mining baru kemudian disajikan pada business intellegence sehingga mendapat informasi yang lebih bagus, nyaman dan akurat. Apapun skema yang dipakai, tipe tabel pada data warehouse adalah reality tables dan dimension tables.

Kompleksitas yang biasanya terjadi adalah sumber knowledge tersebar di berbagai titik dan pernah memiliki siklus pengembangan bertahap. Berbekal informasi tersebut, keputusan Anda adalah berbelok di perempatan berikutnya dengan pertimbangan, di jalan tempat biasa Anda berbelok, kemacetannya tidak dapat Anda pastikan. Business Intelligence dan Data Warehouse adalah dua hal yang sebenarnya berbeda namun hampir tidak bisa dipisahkan. Studi kepustakaan adalah metodologi penelitian dengan cara mempelajari jurnal, buku, artikel, skripsi, maupun referensi yang ada yang berhubungan dengan judul penulisan yang sedang di bahas.

Laporan yang dihasilkan oleh sistem enterprise intelligence biasanya memiliki format yang statis dan berisi tipe knowledge yang pasti. Ø Merancang suatu aplikasi enterprise intelligence yang memberikan laporan secara cepat bagi kalangan eksekutif sehingga mereka dapat dengan segera mengambil keputusan. Business Intelligence memberikan kebebasan kepada users untuk mendefinisikan format laporan sesukanya.

Sehingga hubungan antara information business intellegence dan data warehouse adalah saat penyampaian knowledge enterprise intelegent sebagai teknologi yang dipakai untuk menyajikan knowledge warehouse tersebut sehingga memudahkan para petinggi perusahaan untuk mengambil keputusan. Cara yang paling sederhana adalah menyajikan information warehouse pada rentang waktu tertentu, misalnya antara 5 sampai 10 tahun ke depan. Dengan arti lain Data mining adalah proses untuk penggalian pola-pola dari data.