Business Intellegence Technologies Innovation, Integration, Intelligence

Posted on 11/04/201819/12/2017Posted in business intelligence

Rough , Barnes & Noble , and Apple iTunes While different analyst organizations might charge thousands for his or her analysis and require a subscription, our aim is to make our analysis each highly obtainable and extremely inexpensive. Arsitektur common dari sistem business intelligence terlampir pada gambar 1. Komponen-komponen saling berinteraksi untuk memfasilitasi fungsi dasar enterprise intelligence: mengekstrak information dari sistem operasional perusahaan, menyimpan data yang sudah diekstrak kedalam datawarehouse, dan menarik data yang disimpan untuk berbagai aplikasi analisis bisnis.

Data warehouse bukan hanya tempat penyimpanan data, Datawarehouse adalah Business Intelligence instruments, instruments to extract, merubah (remodel) dan menerima knowledge (load) ke penyimpanan (repository) serta mengelola dan menerima metadata. Tahap ini dilakukan evaluasi dan terhadap kebutuhan bisnis yang memberi dorongan terhadap pengembangan awal dari suatu proyek Business Intelligence.

Sistem informasi perbankan perlu tetap dikembangkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan nasabah dan mengikuti inovasi bisnis, akan tetapi perlu adanya integrasi dengan sistem enterprise intelligence sehingga pihak manajemen mendapatkan informasi yang up-to-date dan perception dari data historis. Contoh atribut dimensi adalah nama barang dan warna barang, sedangkan contoh atribut ukuran adalah jumlah barang.

Terkait dengan hal tersebut, sumber information pada organisasi yang kompleks dan besar biasanya perlu diolah agar dapat digunakan baik oleh sistem tersebut. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Huseyin Ince dan Bora Aktan (2009), peneliti membandingkan kinerja dari model penilaian kredit menggunakan pendekatan tradisional dan artificial intelligence (discriminant analysis, logistic regression, neural networks, classification, and regression tree).

Istilah Business Intelligence (BI) pertama kali didengungkan pada tahun 1958 oleh seorang peneliti dari IBM yang bernama Hans Peter Luhn. Data warehouse adalah information yang dimiliki suatu perusahaan yang bersifat besar dan sudah berkualitas yang sudah dipakai sejak perusahaan berdiri. Bank ini berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia.