Business Intellegence Technologies Innovation, Integration, Intelligence

Posted on 19/09/201719/12/2017Posted in businesses

Business Intelligence Software (BI) secara singkat juga dikenal sebagai dashboard. Data warehouse adalah information-data yang berorientasi subjek, terintegrasi, memiliki dimensi waktu, serta merupakan koleksi tetap (non-unstable), yang digunakan dalam mendukung proses pengambilan keputusan oleh para manajer di setiap jenjang (namun terutama pada jenjang manajerial yang memiliki peringkat tinggi). Jadi dapat dikatakan bahwa teknologi seperti Business Intelligence jika diintegrasikan dengan konsep CRM yang ada dapat melahirkan sebuah strategi bisnis yang jitu bagi perusahaan atau organisasi untuk memenangkan pasar dan mencapai keuntungan yang diinginkan. Data mining adalah proses menerapkan metode ini untuk information dengan maksud untuk mengungkap pola-pola tersembunyi.

OLAP (Online Analitycal Processing) adalah teknologi yang memproses information di dalam database dalam struktur multidimensi, menyediakan jawaban yang cepat untuk query dan analisis yang kompleks 4. Data yang disajikan biasanya merupakan suatu fungsi agregasi seperti abstract, max, min, common dan lain-lain. Business Intelligence adalah rangkaian aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyuguhkan akses data untuk membantu petinggi perusahaan dalam pengambilan keputusan (Stevans, 2008). Data multidimensi adalah information yang dapat dimodelkan sebagai atribut dimensi dan atribut ukuran. Suatu solusi Business Intelligence yang baik memerlukan sumber information yaitu data warehouse.

Dengan persaingan dan pertumbuhan pasar kredit konsumen, para pemain di industri perbankan saling berlomba untuk mengembangkan strategi yang lebih baik berkat bantuan penerapan model penilaian kredit. Eksekutif dan analis dari Bank Central mengikuti nadi keuangan negara dengan secara dekat memantau parameter kunci pada lingkungan ekonomi dan perbankan. Dengan asumsi desk hierarchy nya adalah dalam bentuk parent-youngster relationship, tinggal dilakukan ‘OLAP’ query langsung di table itu untuk membangun hirarkinya dan bisa dijadikan view atau MQT. Teknologi-teknologi tersebut diantaranya adalah Data Warehouse, Data Mart, OLAP, Data Mining, serta Open Data.

Data warehouse bukan hanya tempat penyimpanan information, Datawarehouse adalah Business Intelligence tools, tools to extract, merubah (transform) dan menerima knowledge (load) ke penyimpanan (repository) serta mengelola dan menerima metadata. Tahap ini dilakukan evaluasi dan terhadap kebutuhan bisnis yang memberi dorongan terhadap pengembangan awal dari suatu proyek Business Intelligence.

Business Intelligence seperti yang dipahami sekarang dikatakan telah berkembang dari Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang mulai dari tahun 1960-an dan berkembang sepanjang pertengahan 1980-an. Sampai dengan saat ini, untuk menghindari Data Repetition di ROLAP dengan akses knowledge langsung ke DWH, cara yang saya gunakan adalah dengan menggunakan Normalized Table dengan bentuk 3-NF.