Business Intelligence (BI) Analyst Salaries

Posted on 14/11/201719/12/2017Posted in business plan

Kemudian lahirlah teknologi spreadsheet seperti Lotus 123 dan Microsoft Excel, maka laporan dapat dibuat lebih interactiveā€¯ dengan memberikan customers pilihan sorting dan filter yang diinginkan. Sistem informasi perbankan perlu tetap dikembangkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan nasabah dan mengikuti inovasi bisnis, akan tetapi perlu adanya integrasi dengan sistem enterprise intelligence sehingga pihak manajemen mendapatkan informasi yang up-to-date dan perception dari data historis. Contoh atribut dimensi adalah nama barang dan warna barang, sedangkan contoh atribut ukuran adalah jumlah barang.

Sehingga hubungan antara knowledge business intellegence dan information warehouse adalah saat penyampaian data business intelegent sebagai teknologi yang dipakai untuk menyajikan data warehouse tersebut sehingga memudahkan para petinggi perusahaan untuk mengambil keputusan. Cara yang paling sederhana adalah menyajikan information warehouse pada rentang waktu tertentu, misalnya antara 5 sampai 10 tahun ke depan. Dengan arti lain Data mining adalah proses untuk penggalian pola-pola dari data.

Business intelligence, biasa disebut BI adalah teknologi yang menggunakan komputer yang berguna untuk mencari, menggali, dan menganalisis informasi dari information bisnis misalnya hasil penjualan suatu produk atau pendapatan/pengeluaran salah satu anak perusahaan. Dispersion adalah penyebaran, yang dimaksud dengan dispersion pada monitoring adalah memonitor penyebaran suatu produk dalam perusahaan.

Pada pendekatan ini, kerangka information warehouse secara menyeluruh (enterprise information warehouse) harus disusun terlebih, baru kemduian diikuti oleh information warehouse departemental (Data mart). Secara ringkas Businnes Intelligence dapat diartikan sebagai pengetahuan yang didapat dari hasil analisis knowledge yang diperoleh dari kegiatan (usaha) suatu organisasi. Datawarehouse diorganisasikan pada subjek-subjek utama, seperti pelanggan, barang/ produk, dan penjualan.

Contoh penerapan enterprise intelligence pada industri perbankan adalah buyer relationship administration, buyer credit score evaluation, threat administration, bank card evaluation, customer segmentation, dll (Hair, 2007), (Dan, 2008). Business Intelligence sering bertujuan untuk mendukung bisnis yang lebih baik pengambilan keputusan 2. Jadi, sistem BI dapat disebut sistem pendukung keputusan (DSS).