Business Intelligence ~ Bisnis Online Ratih

Posted on 22/12/201719/12/2017Posted in small business loans

Berangkat dari sebuah masalah yang dihadapi Korea Selatan, yaitu tingkat bunuh diri yang tinggi, sebuah perusahaan asuransi Korea – Samsung Life Insurance – mencoba mencari cara yang tepat untuk membantu masalah sosial yang semakin meningkat ini. Pada pendekatan ini, kerangka data warehouse secara menyeluruh (enterprise information warehouse) harus disusun terlebih, baru kemduian diikuti oleh data warehouse departemental (Data mart). Secara ringkas Businnes Intelligence dapat diartikan sebagai pengetahuan yang didapat dari hasil analisis knowledge yang diperoleh dari kegiatan (usaha) suatu organisasi. Datawarehouse diorganisasikan pada subjek-subjek utama, seperti pelanggan, barang/ produk, dan penjualan.

Pada umumnya sistem OLTP adalah sistem penerimaan order pelanggan, sistem keuangan, dan sistem sumber daya manusia. Business Intelligence memiliki sambungan langsung ke Data Warehouse, hal tersebut saja sudah menjawab dua hal yaitu accessibility dan timeliness. Sekitar tahun 1980an mulai dari DSS, EIS (Executive Information System), data warehouse, OLAP dan Business Intelligence mulai menjadi perhatian dan menjadi suatu kesatuan system. Dari perspektif pemrograman (Programming), AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, proses pencarian (search).

Secara implicit misalnya pada saat data tersebut diduplikasi pada setiap akhir bulan, atau per tiga bulan. Kemudian knowledge-knowledge hasil extract ini menjalani proses transformasi yang pada prinsipnya adalah mengubah kode-kode yang ada menjadi kode-kode customary, misalnya kode propinsi. Business Intelligence atau yang kerap disingkat BI biasanya mengekstrak knowledge dari beragam sumber.

Untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan bantuan teknologi dan enterprise intelligence dipilih untuk hal ini karena mampu melakukan ke tiga hal tersebut. Jika diartikan, Business Intelligence adalah rangkaian aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyuguhkan akses data untuk membantu petinggi perusahaan dalam pengambilan keputusan.

Istilah Business Intelligence (BI) pertama kali didengungkan pada tahun 1958 oleh seorang peneliti dari IBM yang bernama Hans Peter Luhn. Data warehouse adalah data yang dimiliki suatu perusahaan yang bersifat besar dan sudah berkualitas yang sudah dipakai sejak perusahaan berdiri. Bank ini berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia.