Business Intelligence Pada Perbankan

Posted on 24/09/201719/12/2017Posted in business ideas

Human assets (HR) is the company division charged with discovering, screening, recruiting and training, in addition to administering worker-benefit applications. Menurut Elena (2010, 1), Business Intelligence merupakan suatu teknik komputer yang memfungsikan pemilihan data, penggalian data, dan analisis bisnis data, seperti penjualan suatu produk dari suatu departemen atau asosiasi”. Contoh umum data mart adalah untuk departemen penjualan, departemen persediaan dan pengiriman, departemen keuangan, manajemen tingkat atas, dan seterusnya.

Business intelligence itu sendiri adalah sebuah istilah manajemen bisnis yang berkenaan dengan aplikasi dan teknologi yang digunakan untuk mengambil, menyediakan dan menganalisa knowledge dan informasi mengenai operasi perusahaan. Pendekatan high-down sangat tepat bagi suatu organisasi yang akan membangun BI dimana pada waktu yang bersamaan organisasi tersebut juga sedang melakukan secara menyeluruh di seluruh aspek organisasi. Ø Merancang suatu aplikasi businnes intelligence yang terintegrasi dan dapat digunakan oleh kalangan eksekutif perusahaan pada setiap cabang.

IJBIDM publishes original analysis results, surveys and tutorials of necessary areas and strategies, detailed descriptions of great purposes, technical advances and information items concerning use of clever information analysis approach in business functions. Berfokus pada model dan analisis pada data untuk membuat keputusan, jadi bukan pada setiap proses transaksi atau bukan pada OLTP. Salah satu contoh pada responsiveness adalah industri kesehatan, penggunaan BI berjasa mencegah penyebaran suatu penyakit/wabah secara luas (outbreak). Selain itu, sistem enterprise intelligence membutuhkan kapasitas data yang cukup.

Data warehouse diremajakan secara batch, tidak serta-merta setiap terjadinya transaksi pada sistem-sistem sumber tersebut. Secara ringkas Business Intelligence dapat diartikan sebagai pengetahuan yang didapat dari hasil analisis data yang diperoleh dari kegiatan (usaha) suatu organisasi. Business intelligence ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari knowledge dan informasi, dan untuk membantu manager dalam memahami kondisi perusahaannya saat ini. Business Intelligence Software (BI) secara singkat juga dikenal sebagai dashboard.

Sistem enterprise intelligence mendukung 2 tipe dasar dalam fungsi analitikal: pelaporan dan online analytical processing (OLAP). Data tersebut adalah hasil dari proses transaksi perusahan / organisasi Karena berasal dari sumber yang berbeda beda tadi, maka data pada datawarehouse harus tersimpan dalam sebuah format yang baku. Untuk memastikan non-volatilitas, Data Warehouse adalah knowledge yang hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis/dimodifikasi (Read Only).