BUSINESS INTELLIGENCE PADA PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk (2)

Posted on 09/02/201819/12/2017Posted in business ethics

Business Intelligence (atau dalam tatanan Bahasa Indonesia bisa diartikan Kecerdasan Bisnis secara umum dikenal dengan istilah BI) diartikan secara umum sebagai suatu kumpulan teori, metode, proses, arsitektur dan teknologi yang mengubah data menjadi informasi yang bermanfaat dan berarti untuk kepentingan bisnis. Business Intelligence merupakan suatu metode yang digunakan untuk melakukan ekstrasi knowledge yang dimiliki suatu perusahaan dan dikelompokan menjadi beberapa kelompok, knowledge yang dikelompokan tersebut dimasukan pada suatu information warehouse. Perusahaan bersandar lebih pada sistem business intelligence untuk tetap berada di depan kecenderungan dan kejadian di masa datang. ETL merupakan komponen dasar dari sistem enterprise intelligence karena kualitas data dari komponen lain tergantung pada proses ETL.

Pada umumnya sistem OLTP adalah sistem penerimaan order pelanggan, sistem keuangan, dan sistem sumber daya manusia. Business Intelligence memiliki sambungan langsung ke Data Warehouse, hal tersebut saja sudah menjawab dua hal yaitu accessibility dan timeliness. Sekitar tahun 1980an mulai dari DSS, EIS (Executive Information System), information warehouse, OLAP dan Business Intelligence mulai menjadi perhatian dan menjadi suatu kesatuan system. Dari perspektif pemrograman (Programming), AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, proses pencarian (search).

Menurut DJ Powers (2002), Business Intellegence menjelaskan tentang suatu konsep dan metode untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bisnis berdasarkan sistem dan berbasis information. Dalam penerapan Business Intelligence di berbagai bidang maupun perusahaan pasti mempunyai tujuan yang sama tanpa terkecuali. Salah satu strategi mereka adalah memangkas harga sebagai strategi mengiming­imingi pelanggan suatu perusahan agar beralih ke produk mereka. Sistem Business Intelligence (BI) dan CRM memainkan peran yang penting dalam mencapai keuntungan yang kompetitif bagi perusahaan.

Pada umumnya, information warehouse menyimpan knowledge histori beberapa tahun dan diquery untuk keperluan enterprise intelligence atau aktifitas analisis lainnya. Data mining adalah suatu proses penggalian knowledge dari information warehouse yang disimpan dalam basis knowledge atau media penyimpanan lain sehingga diharapkan setelah melakukan mining terhadap information akan didapatkan suatu information baru yang kemudian disimpan menjadi informasi yang baru pula.

Berdasarkan pendapat ahli diatas, menurut pendapat saya Business Intellegence adalah sebuah proses memanipulasi data baik berupa mengumpulkan, menyimpan, menganalisis dan meringkas information baik dari intern perusahaan ataupun dari bisnis pesaing untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bagi pejabat perusahaan. G. Responsiveness Sifat BI lain yang tidak dimiliki oleh ERP adalah dalam hal kecepatan (responsiveness).