BUSINESS INTELLIGENCE PADA PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk

Posted on 29/01/201819/12/2017Posted in business ethics

BI adalah seperangkat solusi sistem informasi yang dapat menuntun kepada teknik teknik yang dapat mengubah information bisnis dari sebuah perusahaan menjadi sebuah infromasi pengambilan keputusan yang cepat dan tingkat akurasi yang tinggi (valid). Masalah ketersediaan information merupakan poin yang paling penting dalam sistem business intelligence yang efektif. Dengan penerapan Business Intelligence pada perusahaan, diharapkan manajemen informasi akan dengan mudah diatur seperti pembuatan laporan, pengisian data-data baru, dan lain-lain. Business Intelligence biasanya dikaitkan dengan upaya untuk memaksimalkan kinerja suatu organisasi.

Perusahaan bersikap demikian agar tetap dapat mempertahankan bisnisnya yang tidak pasti keadaannya pada tiap harinya karena pengaruh kompetisi yang besar di lingkungannya. Selain itu perusahaan juga dapat menyimpan data pada data warehouse, Data Warehouse adalah sekumpulan information yang akan dihasilkan untuk mendukung dalam pengambilan keputusan di setiap perusahaan. Dalam hal data perbankan tersebut, subject areanya adalah nasabah, jenis transaksi, wilayah, kantor cabang, dsb.

Penerapan business intelligence pada industri perbankan merupakan kunci sukses dalam mengefisiensikan dan mengefektifkan kegiatan bisnis utama dengan kemampuan dalam mendapatkan, mengelola dan menganalisa data nasabah, produk, layanan, kegiatan operasi, pemasok dan rekan kerja dalam jumlah yang sangat besar. Kemampuan untuk menambahkan atau menghapus kolom kustom sebagai dimensi dan tindakan adalah operasi yang mudah.

Sebelum proses knowledge mining dapat dilaksanakan, perlu dilakukan proses cleansing pada knowledge yang menjadi fokus KDD. Yang membedakan persepsi terhadap Data Mining adalah perkembangan teknik-teknik Data Mining untuk aplikasi pada database skala besar. Businnes intelligence juga dapat membantu suatu perusahaan dalam menganalisis perubahan development yang terjadi sehingga akan membantu perusahaan menentukan strategi yang diperlukan dalam mengantisipasi perubahan pattern tersebut. Tantangan terbesar dari keseluruhan proyek pengambilan keputusan BI adalah kualitas dari sumber information. We are able to assist the growth of those SME by offering options for empowering business efficiently.

IJBIDM also publishes finest papers from worldwide conferences within the areas related to the journal. Sehingga nanti diharapkan perusahaan tidak salah dalam melakukan suatu penawaran produk atau jasa pada suatu kelompok pelanggan. Teknologi yang digunakan dalam Business Intelligence tentu memiliki beberapa kombinasi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Jadi hubungan antara data mining dan enterprise intellegence berada pada knowledge yang akan diproses.