DATA WAREHOUSE (DW) DAN BUSINESS INTELLIGENCE (BI) ~ Evan Susanto

Posted on 20/08/201719/12/2017Posted in small business loans

Business Intelligence (BI) adalah umbrella time period yang menggabungkan arsitektur, perangkat/instruments, database, aplikasi dan methodologi. Sebelum proses data mining dapat dilaksanakan, perlu dilakukan proses cleaning pada knowledge yang menjadi fokus KDD. Yang membedakan persepsi terhadap Data Mining adalah perkembangan teknik-teknik Data Mining untuk aplikasi pada database skala besar. Businnes intelligence juga dapat membantu suatu perusahaan dalam menganalisis perubahan trend yang terjadi sehingga akan membantu perusahaan menentukan strategi yang diperlukan dalam mengantisipasi perubahan trend tersebut. Tantangan terbesar dari keseluruhan proyek pengambilan keputusan BI adalah kualitas dari sumber information. We are able to help the expansion of those SME by offering solutions for empowering business effectively.

Laporan yang dihasilkan oleh sistem business intelligence biasanya memiliki format yang statis dan berisi tipe data yang pasti. Ø Merancang suatu aplikasi enterprise intelligence yang memberikan laporan secara cepat bagi kalangan eksekutif sehingga mereka dapat dengan segera mengambil keputusan. Business Intelligence memberikan kebebasan kepada customers untuk mendefinisikan format laporan sesukanya.

Sehingga tampilan GUI jauh dari kesan teknis dan memberikan view of business sesuai dengan keinginan masing-masing user. Business intellegence dan data warehouse adalah dua hal yang berbeda namun satu sama lain mempunyai hubungan yang saling terkait. AI adalah bagaimana membuat mesin yang cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia.

Untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan bantuan teknologi dan enterprise intelligence dipilih untuk hal ini karena mampu melakukan ke tiga hal tersebut. Jika diartikan, Business Intelligence adalah rangkaian aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyuguhkan akses information untuk membantu petinggi perusahaan dalam pengambilan keputusan.

Dunia ini terlampau indah untuk dirusak, hanya untuk kekecewaan karena seseorang tidak ,mencapai sesuatu yang sudah direncanakan.Kelemahan banyak orang adalah terlalu banyak mikir membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah, yang penting adalah motion. OLAP merupakan alat yang mendukung analisis secara multidimensional, memperbolehkan pengguna untuk melihat information dalam data warehouse dengan dimensi yang berbeda yang dimana query pada database biasa tidak dapat melakukannya secepat OLAP ini. Dari perspektif bisnis, AI adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna, dan metodologi yang menggunakan instrument-software tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis.