DATA WAREHOUSE (DW) DAN BUSINESS INTELLIGENCE (BI) ~ Evan Susanto

Posted on 18/01/201819/12/2017Posted in starting a business

OpenText Business Intelligence (OTBI) is a comprehensive question and reporting solution that permits business analysts and different enterprise customers to pose questions about their data after which view the results in visually informative reviews. Secara umum Business Intelligence (BI) merupakan sebuah proses untuk melakukan ekstraksi knowledge-information operasional perusahaan dan mengumpulkannya dalam sebuah information warehouse yang selanjutnya diproses menggunakan berbagai analisis statistik dalam proses information mining, sehingga didapat berbagai kecenderungan atau sample dari knowledge (Choirul, 2011).

Pengelola produk perbankan bersaing dalam mendesain produk dan layanan yang dapat menjawab setiap kebutuhan suatu segmen tertentu. Menurut Turban, Sharda, Delen & King (2011, p52), Data Warehouse adalah kumpulan knowledge yang dihasilkan untuk mendukung pengambilan keputusan. Menurut Inmon (2002) yang dikutip oleh Niu (2009), pada umumnya sistem business intelligence terdiri dari empat stage komponen dan modul manajemen metadata. Business Intelligence adalah proses mengekstrak, transformasi, mengelola, dan menganalisis data bisnis untuk mendukung pengambilan keputusan. Sekaligus memberikan rekomendasi pada person terhadap tindakan yang sebaiknya diambil.

Jika pada lembaga bisnis (revenue organization) businnes intelligence dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja melalui pemilihan strategi bisnis yang tepat, maka pada lembaga pemerintahan (non-revenue group) business intelligence dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui peningkatan efisiensi pelaksanaan kerja sehingga pada akhirnya akan tercipta perbaikan layanan pada masyarakat serta pengelolaan anggaran yang tepat.

Business Intelligence (BI) merupakan representasi dari aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa dan menyediakan akses terhadap data untuk membantu consumer dalam suatu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik (Nirwasita,2008). Menurut Kroenke & Aeur (2012 : 549), Business Intelligence adalah sebuah sistem informasi yang membantu manager dan para profesional dalam menganalisis kegiatan saat ini ataupun masa lalu dan membuat prediksi kejadian di masa depan. Data mart adalah suatu bagian pada knowledge warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa information pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan.

Data warehouse bukan hanya tempat penyimpanan data, Datawarehouse adalah Business Intelligence tools, instruments to extract, merubah (transform) dan menerima data (load) ke penyimpanan (repository) serta mengelola dan menerima metadata. Tahap ini dilakukan evaluasi dan terhadap kebutuhan bisnis yang memberi dorongan terhadap pengembangan awal dari suatu proyek Business Intelligence.