DATA WAREHOUSE (DW) DAN BUSINESS INTELLIGENCE (BI) ~ Evan Susanto

Posted on 11/09/201819/12/2017Posted in international business

Berdasarkan pendapat ahli diatas, menurut pendapat saya Business Intellegence adalah sebuah proses memanipulasi knowledge baik berupa mengumpulkan, menyimpan, menganalisis dan meringkas knowledge baik dari intern perusahaan ataupun dari bisnis pesaing untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bagi pejabat perusahaan. Arsitektur general dari sistem business intelligence terlampir pada gambar 1. Komponen-komponen saling berinteraksi untuk memfasilitasi fungsi dasar enterprise intelligence: mengekstrak knowledge dari sistem operasional perusahaan, menyimpan knowledge yang sudah diekstrak kedalam datawarehouse, dan menarik information yang disimpan untuk berbagai aplikasi analisis bisnis.

Karena itu fact desk yang dihasilkan fari Star Schema seringkali hanya bisa untuk memenuhi kebutuhan analisa yang sudah spesifik tidak bisa dikembangkan lagi, seandainya ada kebutuhan baru, perubahan pada knowledge modelnya akan advanced dan perubahan pada proses populasinya (ETL) juga lebih susah lagi karena data historical nya juga harus berubah, karena itu seringkali jalan pintas yang dilakukan adalah dengan membangun truth desk yang baru, nah dengan cara ini information repetitif tidak bisa dihindari.

Secara umum Business Intelligence (BI) merupakan sebuah proses untuk melakukan ekstraksi information-knowledge operasional perusahaan dan mengumpulkannya dalam sebuah information warehouse yang selanjutnya diproses menggunakan berbagai analisis statistik dalam proses knowledge mining, sehingga didapat berbagai kecenderungan atau pattern dari knowledge (Choirul, 2011).

Proses Load dalam ETL adalah suatu proses mengirimkan knowledge yang telah menjalani proses transformasi ke gudang information akhir, yaitu Data Warehouse itu sendiri di mana aplikasi reporting dan business intelligence siap mengakses.Untuk memudahkan pembuatan report dan meningkatkan efficiency, struktur database dari suatu Data Warehouse biasanya berbentuk Star Schema.

Secara umum Business Intelligence (BI) merupakan sebuah proses untuk melakukan ekstraksi information-information operasional perusahaan dan mengumpulkannya dalam sebuah knowledge warehouse yang selanjutnya diproses menggunakan berbagai analisis statistik dalam proses information mining, sehingga didapat berbagai kecenderungan atau pattern dari knowledge (Choirul, 2006).