International Journal Of Business Intelligence And Data Mining (IJBIDM)

Posted on 23/12/201619/12/2017Posted in international business

Industri otomotif mengalami perubahan yang cukup signifikan setelah perang dunia II akibat munculnya perusahaan otomotif Jepang di kawasan Amerika bahkan Eropa. Dengan BI maka semua degree Desicion Maker mulai dari para high stage administration, midle administration, sampai Operational Staff dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat, semua stakeholder akan mendapatkan Informasi menyeluruh sesuai dengan enterprise Role nya. Istilah intelijen bisnis (bahasa Inggris: enterprise intelligence, BI) merujuk pada teknologi, aplikasi, serta praktik pengumpulan, integrasi, analisis, serta presentasi informasi bisnis atau kadang merujuk pula pada informasinya itu sendiri.

Business Intelligence (BI) merupakan representasi dari aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa dan menyediakan akses terhadap information untuk membantu consumer dalam suatu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik (Nirwasita,2012). Business intelligence dapat membantu suatu perusahaan mendapatkan pengetahuan yang jelas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan sehingga dapat membantu perusahaan tersebut dalam pengambilan keputusan serta sekaligus meningkatkan keunggulannya (competitive advantage).

Pengelola produk perbankan bersaing dalam mendesain produk dan layanan yang dapat menjawab setiap kebutuhan suatu segmen tertentu. Menurut Turban, Sharda, Delen & King (2011, p52), Data Warehouse adalah kumpulan data yang dihasilkan untuk mendukung pengambilan keputusan. Menurut Inmon (2002) yang dikutip oleh Niu (2009), pada umumnya sistem enterprise intelligence terdiri dari empat stage komponen dan modul manajemen metadata. Business Intelligence adalah proses mengekstrak, transformasi, mengelola, dan menganalisis data bisnis untuk mendukung pengambilan keputusan. Sekaligus memberikan rekomendasi pada person terhadap tindakan yang sebaiknya diambil.

Karena itu truth desk yang dihasilkan fari Star Schema seringkali hanya bisa untuk memenuhi kebutuhan analisa yang sudah spesifik tidak bisa dikembangkan lagi, seandainya ada kebutuhan baru, perubahan pada knowledge modelnya akan complex dan perubahan pada proses populasinya (ETL) juga lebih susah lagi karena data historical nya juga harus berubah, karena itu seringkali jalan pintas yang dilakukan adalah dengan membangun fact desk yang baru, nah dengan cara ini information repetitif tidak bisa dihindari.

Fungsionalitas merupakan kunci dari karakteristik sistem BI yang meliputi beragam informasi yang tidak hanya terbatas di bidang keuangan, tetapi juga meliputi kapasitas produksi, kualitas produk, hubungan dengan pelanggan, sudut pandang pasar, serta lainnya yang relevan dengan pemahaman yang lebih mendalam untuk memandu arah pada keuntungan bisnis.