International Journal Of Business Intelligence And Data Mining (IJBIDM)

Posted on 18/07/201719/12/2017Posted in home based business

Business Inteligence sebagai bidang teknologi IT dengan perkembangan adopsi yang sangat pesat belakangan ini tentunya menuntut pemahaman yang komprehensif baik di tingkat konsep maupun praktis, sehingga dapat dieksplorasi maupun diimplementasikan sebagai suatu solusi strategis dan kritis pada tingkat institusi, organisasi, perusahaan maupun pada tingkat particular person. IJBIDM publishes original research outcomes, surveys and tutorials of important areas and strategies, detailed descriptions of great functions, technical advances and news gadgets concerning use of clever knowledge evaluation technique in enterprise purposes. Berfokus pada mannequin dan analisis pada data untuk membuat keputusan, jadi bukan pada setiap proses transaksi atau bukan pada OLTP. Salah satu contoh pada responsiveness adalah industri kesehatan, penggunaan BI berjasa mencegah penyebaran suatu penyakit/wabah secara luas (outbreak). Selain itu, sistem enterprise intelligence membutuhkan kapasitas information yang cukup.

Oleh karena itu pihak perusahaan khusus nya perusahaan perbankan, menggunakan suatu metode yang dikenal sebagai Business Intelligence. Business intelligence dapat digunakan juga untuk membantu analis dan manajer menentukan penyelesaian yang paling berpengaruh terhadap tren di pasar. Level teratas dari piramida reporting adalah manajemen senior yang mungkin hanya butuh dashboard yang menyuguhkan ringkasan informasi yang kritis dalam satu halaman. Banyak lembaga pemerintahan yang telah memahami kegunaan dari businnes intelligence tersebut.

Penerapan business intelligence pada industri perbankan merupakan kunci sukses dalam mengefisiensikan dan mengefektifkan kegiatan bisnis utama dengan kemampuan dalam mendapatkan, mengelola dan menganalisa data nasabah, produk, layanan, kegiatan operasi, pemasok dan rekan kerja dalam jumlah yang sangat besar. Kemampuan untuk menambahkan atau menghapus kolom kustom sebagai dimensi dan tindakan adalah operasi yang mudah.

Data mining adalah proses mencari pola atau informasi menarik dalam knowledge terpilih dengan menggunakan teknik atau metode tertentu. Pada level ini adalah komponen pra proses terdiri dari three tahapan yaitu : ekstraksi, transformasi, dan memasukkan (ETL). Sementara itu tujuan utama BI adalah menyuguhkan beragam informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengguna yang jelas berbeda.

Beliau mendefinisikan istilah intelligence sebagai Kemampuan dalam mengerti dan memahami suatu hubungan timbal balik antara fakta-fakta yang disajikan sedemikian rupa menjadi suatu landasan dalam bertindak untuk mencapai tujuan yang dikehendaki”. Pada awal 90-an lahirlah Business Intelligence yang didahului oleh kemunculan DSS (Decision Support System) dan kemudian Executive Information System (EIS).