International Journal Of Business Intelligence And Data Mining (IJBIDM)

Posted on 21/04/201819/12/2017Posted in small business administration

The IT business and the world at massive have at all times been topic to know-how and enterprise developments, generally undergoing main adjustments, corresponding to the development of the personal laptop, consumer/server computing, the evolution of the internet, and now cloud computing. Secara singkat, Business Intelligence atau lebih sering disingkat BI (baca: bi – ai) adalah seperangkat solusi sistem informasi yang dapat menuntun kepada percepatan pengambilan keputusan dalam tingkat akurasi yang tinggi (valid). Awalnya dari knowledge warehouse yang kemudian di proses information mining baru kemudian disajikan pada enterprise intellegence sehingga mendapat informasi yang lebih bagus, nyaman dan akurat. Apapun skema yang dipakai, tipe tabel pada information warehouse adalah truth tables dan dimension tables.

Selain itu, enterprise intelligence juga dapat membantu perusahaan menganalisa perubahan pattern pada pasar, perubahan pada perilaku pelanggan, pilihan pelanggan, kemampuan perusahaan dan kondisi pasar. Pada bulan Juli 1999, empat financial institution milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), digabungkan ke dalam Bank Mandiri.

Hal tersebut menyebabkan perusahaan tidak dapat membeli produk BI seperti barang jadi pada umumnya dan berharap dapat memenuhi setiap solusi dari kebutuhan bisnisnya sehingga BI harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis perusahaan. SCM menekankan pada pola terpadu menyangkut proses aliran produk dari supplier, manufaktur, retailer hingga pada konsumen akhir.

Namun Bob segera sadar kalo dia adalah pemberi service dan berkewajiban memberi pelayanan yang baik, sejak saat itulah dia mengalami titik balik dalam sikap hidupnya dari seorang feodal menjadi servant, yang ia anggap sebagai modal kekuatan yang luar biasa yang pernah ia miliki. Alasan utama untuk menggunakan information mining adalah untuk membantu dalam analisis koleksi pengamatan perilaku. Ø Membantu pengolahan informasi pada suatu perusahaan sehingga prosesnya menjadi lebih akurat, efisien, dan hemat waktu.

Juga dikenal sebagai Business Intelligence Dashboard, Enterprise Dashboard, atau Executive Dashboard, merupakan abstract dalam bentuk visible dari suatu data bisnis yang menampilkan kondisi bisnis melalui metrics dan Key Performance Indicators (KPIs). Jargon Business Intelligence pertama kali dituturkan oleh Howard Dresner dari lembaga riset Gartner Group pada tahun 1989.