Manfaat Dan Keuntungan Mengimplementasikan Business Intelligence

Posted on 17/04/201719/12/2017Posted in businesses

Business Intelligence adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mengumpulkan, menganalisa, menyimpan serta menyediakan information-knowledge dalam suatu perusahaan atau organisasi kedalam bentuk pengetahuan, kemudian pengetahuan tersebut untuk mendukung keputusan dan perencanaan. Dalam penelitian ekonomis, knowledge yang sangat banyak biasanya diatur sekitar kerangka analisis yang mengklasifikasikan information dan membolehkan pengertian variable tidak hanya pada tingkatan terendah tetapi juga pada kesatuan yang lebih tinggi. Business performance management (BPM) adalah berfungsi menyediakan tool tool yang mereka butuhkan untuk pengelolaan aplikasi mereka. Non-Volatile Karakteristik keempat dari data warehouse adalah non-volatile,maksudnya knowledge pada data warehouse tidak di-update secara actual time tetapi di refresh dari sistem operasional secara reguler. Masalah bisnis atau peluang bisnis di definisikan dan sebuah solusi Business Intelligence diusulkan.

Menurut William & Sawyer (2011, p164), Database adalah setiap koleksi data yang disimpan secara elektronik dalam sistem komputer. Sebagai tambahan dari laporan dan OLAP, terdapat banyak tipe analitikal yang lain yang dapat dibuat berdasarkan sistem information warehouse seperti information mining, govt dashboards, customer relationship management, dan enterprise efficiency management. Salah satu cara efektif menggenjot keuntungan dan stabilitas pasar adalah dengan melebarkan pangsa pasar perusahaan.

Sistem Kecerdasan Bisnis (Business Intelligence) merupakan Sistem Informasi Manajemen, yang menerapkan sekumpulan mannequin dan metodologi analisis matematika dengan mendayagunakan information yang tersedia, untuk menghasilkan informasi dan pengetahuan yang dapat digunakan pada proses pengambilan keputusan yang rumit. Agar sistem teknologi business intelligence dapat berjalan dengan efektif, perusahaan harus memiliki sistem pc yang aman. Sales Force Automation adalah sistem informasi yang digunakan oleh bagian Sales atau Sales Management untuk membantu melakukan otomatisasi fungsi-fungsi sales power management.

Cara lain adalah seandanya bisa di flat (flattened dimension) pastinya akan lebih enak, dan di question untuk bikin report nya dilakukan group by dan the place situation dengan subquery2 yang cukup advanced. Untuk hal ini pada perbankan, Business Intelligence dapat dipakai untuk mengelola data-data yang begitu sensitif seperti knowledge rekening nasabah, laporan keuangan, dan lain-lain.

Business Intelligence (BI) merupakan representasi dari aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa dan menyediakan akses terhadap information untuk membantu user dalam suatu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik (Nirwasita,2012). Business intelligence dapat membantu suatu perusahaan mendapatkan pengetahuan yang jelas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan sehingga dapat membantu perusahaan tersebut dalam pengambilan keputusan serta sekaligus meningkatkan keunggulannya (aggressive benefit).