Topik

Posted on 25/05/201719/12/2017Posted in business service

Ya podéis bajaros el libro de ‘La Gacela de Wirayut’ para leer en vuestro pill preferido de forma gratuita, en formato pdf. Menurut Loshin (2012, p6) Business Intelligence merupakan proses, teknologi, dan alat-alat yang dibutuhkan untuk mengubah knowledge menjadi informasi, informasi menjadi pengetahuan, pengetahuan menjadi rencana yang mendatangkan keuntungan. Bisnis intelijen laporan datang dalam berbagai bentuk, tergantung pada perangkat lunak pelaporan yang Anda gunakan. Jadi dengan kata lain, information yang disimpan adalah berorientasi kepada subjek bukan terhadap proses.

Sebagai sumber information dari sistem enterprise intelligence, sistem operasional bisnis pada umumnya menggunakan sistem on-line transaction processing (OLTP) untuk mendukung kegiatan bisnis sehari-hari. Dan Business intelligence dapat membantu manager dan para profesional dalam menganalisis semua kegiatan saat ini maupun masa lalu dan membantu dalam membuat prediksi kejadian yang akan terjadi di masa depan. Business Intelligence (BI) adalah tools untuk melakukan analisa terhadap data-knowledge yang disimpan dalam datawarehouse.

Business Intelligence (BI) merupakan representasi dari aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa dan menyediakan akses terhadap knowledge untuk membantu person dalam suatu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik (Nirwasita,2008). Menurut Kroenke & Aeur (2012 : 549), Business Intelligence adalah sebuah sistem informasi yang membantu supervisor dan para profesional dalam menganalisis kegiatan saat ini ataupun masa lalu dan membuat prediksi kejadian di masa depan. Data mart adalah suatu bagian pada information warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa information pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan.

Laporan yang dihasilkan oleh sistem business intelligence biasanya memiliki format yang statis dan berisi tipe information yang pasti. Ø Merancang suatu aplikasi business intelligence yang memberikan laporan secara cepat bagi kalangan eksekutif sehingga mereka dapat dengan segera mengambil keputusan. Business Intelligence memberikan kebebasan kepada users untuk mendefinisikan format laporan sesukanya.

Data warehouse bicara mengenai bagaimana data- information yang besar dan beragam disimpan dalam satu repository dan disusun sedemikian sehingga memudahkan pencarian, sedangkan Business Intelligence adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk menyajikan knowledge- knowledge tersebut sehingga memudahkan analisa dan pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang akurat dari sumber data.