Topik

Posted on 25/10/201719/12/2017Posted in small business ideas

Istilah intelijen bisnis (bahasa Inggris: business intelligence, BI) merujuk pada teknologi, aplikasi, serta praktik pengumpulan, integrasi, analisis, serta presentasi informasi bisnis atau kadang merujuk pula pada informasinya itu sendiri. Secara singkat, Business Intelligence atau lebih sering disingkat BI (baca: bi – ai) adalah seperangkat solusi sistem informasi yang dapat menuntun kepada percepatan pengambilan keputusan dalam tingkat akurasi yang tinggi (legitimate). Awalnya dari information warehouse yang kemudian di proses information mining baru kemudian disajikan pada business intellegence sehingga mendapat informasi yang lebih bagus, nyaman dan akurat. Apapun skema yang dipakai, tipe tabel pada data warehouse adalah fact tables dan dimension tables.

Sistem business intelligence dapat membantu perusahaan untuk memiliki pengetahuan yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yangt mempengaruhi bisnis mereka, misalnya penjualan, produksi, operasi inner dan juga dalam pemgambilan keputusan. Data Mining adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara handbook.

In-depth reporting Software Business Process Management (BPM) memang mampu memberikan report dan analisis, namun cukup sederhana dan hanya bertolak pada kondisi intern. Business Intelligence seperti yang kita ketahui pada saat ini bisa dikatakan sebagai hasil evolusi dari Decision Support System (DSS) yang dimulai sekitar tahun 1960 dan berkembang sampai tahun 1980an. Dalam beberapa implementasi knowledge warehouse, knowledge mart adalah miniature knowledge warehouse.

Sebagai sumber information dari sistem enterprise intelligence, sistem operasional bisnis pada umumnya menggunakan sistem online transaction processing (OLTP) untuk mendukung kegiatan bisnis sehari-hari. Dan Business intelligence dapat membantu manager dan para profesional dalam menganalisis semua kegiatan saat ini maupun masa lalu dan membantu dalam membuat prediksi kejadian yang akan terjadi di masa depan. Business Intelligence (BI) adalah instruments untuk melakukan analisa terhadap data-information yang disimpan dalam datawarehouse.

Juga dikenal sebagai Business Intelligence Dashboard, Enterprise Dashboard, atau Executive Dashboard, merupakan summary dalam bentuk visual dari suatu information bisnis yang menampilkan kondisi bisnis melalui metrics dan Key Performance Indicators (KPIs). Jargon Business Intelligence pertama kali dituturkan oleh Howard Dresner dari lembaga riset Gartner Group pada tahun 1989.