Tugas 4 Business Intelligence

Posted on 30/07/201719/12/2017Posted in how to start a business

Persaingan bisnis yang mengetat menjadikan perusahaan yang terlambat berbenah diri terlibas pesaingnya. Contoh penerapan business intelligence pada industri perbankan adalah buyer relationship management, buyer credit analysis, threat management, credit card analysis, buyer segmentation, dll (Hair, 2007), (Dan, 2008). Business Intelligence sering bertujuan untuk mendukung bisnis yang lebih baik pengambilan keputusan 2. Jadi, sistem BI dapat disebut sistem pendukung keputusan (DSS).

Oleh karena itu pihak perusahaan khusus nya perusahaan perbankan, menggunakan suatu metode yang dikenal sebagai Business Intelligence. Business intelligence dapat digunakan juga untuk membantu analis dan manajer menentukan penyelesaian yang paling berpengaruh terhadap tren di pasar. Level teratas dari piramida reporting adalah manajemen senior yang mungkin hanya butuh dashboard yang menyuguhkan ringkasan informasi yang kritis dalam satu halaman. Banyak lembaga pemerintahan yang telah memahami kegunaan dari businnes intelligence tersebut.

Untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan bantuan teknologi dan business intelligence dipilih untuk hal ini karena mampu melakukan ke tiga hal tersebut. Jika diartikan, Business Intelligence adalah rangkaian aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyuguhkan akses knowledge untuk membantu petinggi perusahaan dalam pengambilan keputusan.

Hal ini karena ia berprinsip bahwa dalam keluarga, laki-laki adalah pemimpin, dan ia pun bertekad untuk tidak jadi pegawai dan berada di bawah perintah orang sejak saat itu ia pun bekerja apa saja mulai dari sopir taksi hingga mobilnya tertubruk dan hancur , kemudian kuli bangunan dengan upah Rp one hundred per hari. Dalam konsep SCM ingin diperlihatkan bahwa rangkaian aktivitas antara supplier hingga konsumen akhir adalah dalam satu kesatuan tanpa sepakat yang besar.

Menurut David (2000), Business Intellegence adalah suatu cara untuk mengumpulkan, menyimpan, mengorganisasikan, membentuk ulang, meringkas knowledge serta menyediakan informasi baik berupa knowledge aktifitas bisnis internal perusahaan termasuk aktifitas bisnis pesaing yang mudah diakses serta dianalisis untuk berbagai kegiatan manajemen. Data mart adalah suatu bagian pada information warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa data pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan.