What Is Business Intelligence (BI)?

Posted on 14/03/201819/12/2017Posted in small business loans

Business intelligence as it is understood right now is claimed to have developed from the choice support techniques (DSS) that began in the Nineteen Sixties and developed all through the mid-Nineteen Eighties. Business intelligence itu sendiri adalah sebuah istilah manajemen bisnis yang berkenaan dengan aplikasi dan teknologi yang digunakan untuk mengambil, menyediakan dan menganalisa data dan informasi mengenai operasi perusahaan. Pendekatan prime-down sangat tepat bagi suatu organisasi yang akan membangun BI dimana pada waktu yang bersamaan organisasi tersebut juga sedang melakukan secara menyeluruh di seluruh aspek organisasi. Ø Merancang suatu aplikasi businnes intelligence yang terintegrasi dan dapat digunakan oleh kalangan eksekutif perusahaan pada setiap cabang.

Data warehouse bicara mengenai bagaimana knowledge- knowledge yang besar dan beragam disimpan dalam satu repository dan disusun sedemikian sehingga memudahkan pencarian, sedangkan Business Intelligence adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk menyajikan information- information tersebut sehingga memudahkan analisa dan pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang akurat dari sumber information.

Business Intelligence adalah rangkaian aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyuguhkan akses data untuk membantu petinggi perusahaan dalam pengambilan keputusan (Stevans, 2012). Setelah menikah, Bob dan istri memutuskan menetap di Indonesia dan memulai tahap ketidaknyamanan untuk hidup miskin, padahal waktu itu istrinya bergaji besar. Business Intelligence dana data warehouse adalah dua hal yang berbeda namun hampir tidak bisa dipisahkan. Sedangkan OLAP (Online Analytical Processing Systems) adalah Sistem yang dibuat untuk membantu dalam perencanaan, memecahkan masalah dan mendukung keputusan.

Arsitektur basic dari sistem enterprise intelligence terlampir pada gambar 1. Komponen-komponen saling berinteraksi untuk memfasilitasi fungsi dasar business intelligence: mengekstrak data dari sistem operasional perusahaan, menyimpan information yang sudah diekstrak kedalam datawarehouse, dan menarik information yang disimpan untuk berbagai aplikasi analisis bisnis.

OLAP (Online Analitycal Processing) adalah teknologi yang memproses knowledge di dalam database dalam struktur multidimensi, menyediakan jawaban yang cepat untuk question dan analisis yang kompleks four. Data yang disajikan biasanya merupakan suatu fungsi agregasi seperti summary, max, min, average dan lain-lain. Business Intelligence adalah rangkaian aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyuguhkan akses data untuk membantu petinggi perusahaan dalam pengambilan keputusan (Stevans, 2008). Data multidimensi adalah knowledge yang dapat dimodelkan sebagai atribut dimensi dan atribut ukuran. Suatu solusi Business Intelligence yang baik memerlukan sumber knowledge yaitu information warehouse.