Business Intelligence ~ Bisnis Online Ratih

03/06/2019 business intelligence

It happened so fast …. With one foot in the entice, it regarded like he had utterly failed in his mission. Bisnis intelijen termasuk fungsi seperti pelaporan, analisis dan penggalian data, dan salah satu cara termudah dan tercepat untuk mendapatkan informasi tentang information Anda adalah dengan menggunakan solusi perangkat lunak bisnis intelijen yang akan memungkinkan Anda untuk menghimpun data yang mendalam dan menghasilkan laporan BI untuk inner dan eksternal digunakan.

Secara umum Business Intelligence (BI) merupakan sebuah proses untuk melakukan ekstraksi data-data operasional perusahaan dan mengumpulkannya dalam sebuah data warehouse yang selanjutnya diproses menggunakan berbagai analisis statistik dalam proses knowledge mining, sehingga didapat berbagai kecenderungan atau pattern dari information (Choirul, 2006).

Pada pendekatan ini, kerangka knowledge warehouse secara menyeluruh (enterprise data warehouse) harus disusun terlebih, baru kemduian diikuti oleh information warehouse departemental (Data mart). Secara ringkas Businnes Intelligence dapat diartikan sebagai pengetahuan yang didapat dari hasil analisis knowledge yang diperoleh dari kegiatan (usaha) suatu organisasi. Datawarehouse diorganisasikan pada subjek-subjek utama, seperti pelanggan, barang/ produk, dan penjualan.

Kompleksitas yang biasanya terjadi adalah sumber information tersebar di berbagai titik dan pernah memiliki siklus pengembangan bertahap. Berbekal informasi tersebut, keputusan Anda adalah berbelok di perempatan berikutnya dengan pertimbangan, di jalan tempat biasa Anda berbelok, kemacetannya tidak dapat Anda pastikan. Business Intelligence dan Data Warehouse adalah dua hal yang sebenarnya berbeda namun hampir tidak bisa dipisahkan. Studi kepustakaan adalah metodologi penelitian dengan cara mempelajari jurnal, buku, artikel, skripsi, maupun referensi yang ada yang berhubungan dengan judul penulisan yang sedang di bahas.

Sedangkan information mart ialah suatu bagian pada information warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa knowledge pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan. Bob berkesimpulan bahwa saat melaksanakan sesuatu pikiran kita berkembang, rencana tidak harus selalu baku dan kaku, apa yang ada pada diri kita adalah pengembangan dari apa yang telah kita lakukan.