What Is Business Intelligence (BI)?

16/12/2018 small business

Persaingan bisnis yang mengetat menjadikan perusahaan yang terlambat berbenah diri terlibas pesaingnya. Secara implicit misalnya pada saat information tersebut diduplikasi pada setiap akhir bulan, atau per tiga bulan. Kemudian data-knowledge hasil extract ini menjalani proses transformasi yang pada prinsipnya adalah mengubah kode-kode yang ada menjadi kode-kode commonplace, misalnya kode propinsi. Business Intelligence atau yang kerap disingkat BI biasanya mengekstrak knowledge dari beragam sumber.

Business Intelligence lahir untuk menjawab tantangan yang tidak bisa dipenuhi oleh standard reporting, yaitu yang berkaitan dengan empat hal: accessibility, timeliness, format, knowledge integrity. Business Inteligence (BI) bukan sebuah produk atau sistem, melainkan sebuah arsitektur dan koleksi operasional yang terintegrasi terhadap aplikas pengambil keputusan dan database yang menyediakan pelaku bisnis kemudahan akses kepada data bisnis.

Bob menganggap bahwa perusahaannya adalah keluarga, semua anggota keluarga Kem harus saling menghargai, tidak ada yang utama,semuanya punya fungsi dan kekuatan sendiri-sendiri. Fungsi umum teknologi Business Intelligence yang melaporkan, pengolahan analisis on-line, analisis, pertambangan knowledge, manajemen bisnis kinerja, pembandingan, teks pertambangan, dan analisis prediktif.

Hal ini didukung oleh pernyataan Don Peppers dan Martha Rogers yang mencontohkan bahwa Business Intelligence yang merupakan bagian dari teknologi bukanlah sebuah contoh dari CRM melainkan hanyalah pendukung atau penunjang dari konsep CRM pada sebuah perusahaan atau organisasi. Contoh di bawah ini adalah laporan Realisasi Timesheet, yang dibangun berdasarkan kebutuhan pelanggan yang menggunakan solusi pelacakan waktu kita di Proyek Server 2007. Strategis disini artinya adalah dapat mendukung pengambilan keputusan dalam frame waktu yang semakin baik dari hari ke hari.

Pada tahun 1989 dalam sebuah artikel terbitan Gartner, Howard Dresner menggunakan istilah Business Intelligence (BI) Dia menggambarkan istilah tersebut sebagai seperangkat konsep dan metode yang berguna untuk meningkatkan kemampuan pembuatan keputusan dengan bantuan sistem yang berbasiskan fakta atau realita yang terjadi. Cara kedua mengubah database OLAP adalah untuk menentukan unsur information yang terdapat di database tertentu.